Kepemimpinannya Adalah Penaklukan, Hijrahnya Adalah Kemenangan, Keteladanannya Adalah Rahmat, Download Gratis Film Umar Bin Khattab 30 Episode di sini http://omar.collectionfree.com

Keislaman Umar bin Khattab

0 comments

Umar bin Khattab masuk islam ketika berusia dua puluh tujuh tahun, beliau mengikuti perang Badar dan seluruh peperangan yang terjadi setelahnya bersama Rasulullah. Beliau juga pernah diutus untuk berangkat bersama sebahagian tentara untuk memata-matai dan mencari informasi tentang musuh, terkadang menjadi pemimpin dalam tugas ini.

Beliaulah yang pertama kali digelari Amirul Mukminin. Beliaulah yang pertama kali membuat penanggalan hijriyah, mengumpulkan manusia untuk Shalat Tarawih berjama'ah, orang yang pertama kali berkeliling dimalam hari mengontrol rakyatnya di Madinah, yang pertama kali membawa tongkat pemukul untuk memberi pelajaran dan menghukum yang salah, yang pertama kali mendera peminum khamr 80 kali cambukan, Khalifah yang melakukan banyak penaklukan, yang pertama kali membuat kota-kota, membentuk tentara resmi, membuat undang-undang perpajakan, membuat sekretariat, menentukan gaji tetap, menempatkan para qadhi,membagi-bagi wilayah yang ditaklukan seperti as-Sawad, Ahwaaz, wilayah pegunungan,wilayah Persia dan lain sebagainya.

Beliau berhasil menaklukan banyak wilayah dinegeri Syam, diantaranya, Damaskus, Yordania, Baisan, Thabariyah, al-Jabiyah, Ramalah, Asqalan, Gaza, daerah sawahil (pesisir),al-Quds, Ba'labak, Homs, Qinsir,Halab, dan Anthakiyah.

Dia juga menaklukkan Mesir, Iskandariyah (Alexandria), Tripoli Barat, dan Burqah.

Adapun daerah Jazirah Eufrat yang di taklukkannya adalah,Harran,Ar-Rahaa dan ar-Raqqag,Nasibain,R'sul 'Ain,Syimsyath,'Ain Wardah,Perkampungan Bakr, Rabi'ah,negeri Mosul dan wilayah-wilayah sekitarnya.

Wilayah Irak dan wilayah timur yang ditaklukkannya, Qadisiyyah, Sungai Sair,Sabath,Madain,Nahwand,Hamazan,Ar-Rai, Qumis, Khurasan, Istakhar, Ashbahan,as-Sus, Marwa, Naisaburi,Jurjaan,Adzarbaijan dan lain-lain. Para tentaranya telah pula menyeberangi sugai jaihun berulang kali.

Penulis : IBNU KATSIR
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Umar Bin Khattab - All Rights Reserved