Kepemimpinannya Adalah Penaklukan, Hijrahnya Adalah Kemenangan, Keteladanannya Adalah Rahmat, Download Gratis Film Umar Bin Khattab 30 Episode di sini http://omar.collectionfree.com

Teori Semesta Oleh Para Ahli Islam

0 comments

Abad ke 16 Nicholous Copernicus mengungkapkan teori helio sentris dan diperkuat lagi oelh Galileo keduanya sepakat tatasurya berpusat pada matahari dan bumi itu berbentuk bulat.

Namun jauh sebelum COpernicus dan Galileo para sarjana muslim pada abad ke 9 Masehi telah menyatakan bahwa bumi bundar seperti bola. Pada tahun 830 masehi Muhammad Bin Musa Al-Khwarizmi beserta para astronom lainnya telah membuat peta globe pertama  di dunia. Saat itu para astronom muslim telah menyatakan bahwa keliling dunia mencapai 24.000 mil atau 38,6 ribu kilometer hanya berbeda 3,6% dari perkiraan yang di lakukan oleh para ilmuwan modern.

Pada abad ke 10 masehi, ilmuwan muslim bernama Abu Raihan Al Biruni mengukur jari-jari bumi yang mencapai 6.339,6 kilometer, hanya kuran 16,6 kilometer dari nilai perkiraan ilmuwan modern. dari bentuk bumi bundar seperti bola juga di nyatakan geografer dan katografer muslim Abdullah Muhammad ibnu Al ibrisi Assyarif.

Pada tahun 1104 Masehi Al idrisi membuat peta bumi alias Globe dari perak. Bola bumi yang di ciptakannya itu memiliki berat sekitar 400 kg. Ibnu Taimiyah juga berpendapat bumi bulat pada berlandaskan Al Qur'an surat Az Zumar ayat 5. Allah SWT berfirman:

"Dia Menciptakan Langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar, ia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam..
(Az-Zumar 39 ayat 5 )

selain itu para ulama juga berpegang pada surat Al Anbiya ayat 33, Allah SWT Berfirman :

"Dan dialah yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya"
(Al-Anbiya 21 ayat 33)

Kata falaq dalam ayat itu menurut para ulama berarti bundar, meskipun terlambat di banding cendekiawan muslim copernicus dan galileo telah mendorong orang-orang eropa untuk mengarungi lautan dan mencari daerah baru.


Sumber : Khazanah Trans7

Share this article :

Post a Comment

 
TEMPLATE ASWAJA| Umar Bin Khattab - All Rights Reserved