Kepemimpinannya Adalah Penaklukan, Hijrahnya Adalah Kemenangan, Keteladanannya Adalah Rahmat, Download Gratis Film Umar Bin Khattab 30 Episode di sini http://omar.collectionfree.com

ABU UBAID DAN MUSANNA DI IRAK

0 comments

Musanna menuju Irak 

Abu Ubaid bin Mas'ud as-Saqafi wakil pertama di Irak. Itu sebabnya Umar mengangkatnya sebagai panglima, dan memerintahkan memimpin pasukan itu berangkat apabila persiapan pasukan sudah selesai. Umar mendahulukan Musanna bin Harisah cepat-cepat dengan mengatakan: "Cepat-cepatlah supaya kawan-kawan Anda segera menemui Anda!" Musanna segera memacu kudanya dan kembali ke Hirah.

Sementara dalam perjalanan itu ia teringat beberapa waktu yang lalu di masa pemerintahan Abu Bakr saat al-Ala' bin al-Hadrami menumpas kaum murtad di Bahrain. Dia bergabung kepadanya dan menghadang setiap jalan yang dilalui kaum murtad, yang hidupnya hanya membuat keresahan. Kemudian ia pergi menyusuri pantai Teluk Persia dalam menghadapi intrik-intrik pihak Kisra1, dan ia berhasil menumpas kabilah-kabilah yang menjadi sekutunya hingga mencapai muara Furat.

Di tempat itu Abu Bakr memperkuatnya dengan Khalid bin Walid. Musanna pun berangkat di bawah panji jenderal jenius itu memorakporandakan pasukan Persia. Kedua pasukan itu menyeruak ke beberapa kota, membebaskan Hirah, Anbar, Ain Tamr dan yang lain, sehingga Khalid mencapai al-Firad di perbatasan dengan Syam, utara Irak. Khalid sudah dapat menduduki tempat-tempat yang dikuasai Kisra. Musanna tentu sangat gembira Allah telah memberikan kemenangan kepadanya. Lebih setahun ia tinggal di Hirah dan di Sawad bersama angkatan bersenjatanya. Sesudah itu Abu Bakr memerintahkan Khalid berangkat ke Syam untuk memimpin pasukannya menghadapi pasukan Rumawi. Khalid memisahkan diri dari Irak dengan beberapa pasukan inti. Musanna merasa khawatir akan akibatnya. Tetapi Allah memberikan kemenangan kepadanya sampai dapat menghancurkan Ormizd Jadhuweh di reruntuhan Babel. Kemudian ia kembali ke Hirah dan bertahan di sana. Ia meminta izin kepada Abu Bakr untuk menggunakan kaum yang jelas-jelas sudah bertobat. Karena tidak segera mendapat jawaban dari Khalifah yang sekarang sedang menghadapi masalah Syam, Musanna berangkat ke Medinah. Tetapi ternyata Abu Bakr sudah di ranjang kematian. Tak lama kemudian ia berpulang ke rahmatullah. Pimpinan pemerintahan setelah itu di tangan Umar. Ia mengadakan mobilisasi untuk segera berangkat bersama Musanna dengan pimpinan di tangan Abu Ubaid.

Penulis :Muhammad Husain Haekal 

Download Film Umar Bin Khattab 30 Episode Gratis!!!!
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Umar Bin Khattab - All Rights Reserved