Kepemimpinannya Adalah Penaklukan, Hijrahnya Adalah Kemenangan, Keteladanannya Adalah Rahmat, Download Gratis Film Umar Bin Khattab 30 Episode di sini http://omar.collectionfree.com

Gerakan damai sebelum Perang Riddah

0 comments

Adakah Abu Bakr memberangkatkan kesebelas brigade itu ke medan perang begitu persiapannya selesai? Adakah pemberangkatan itu dilakukan sekaligus? Itulah yang disebutkan oleh beberapa sumber meski kenyataan menunjukkan yang sebaliknya. Tetapi bagaimanapun juga, sebelum pemberangkatan pertama, sudah lebih dulu dipersiapkan suatu gerakan damai dengan sebaik-baiknya. Ke seluruh Semenanjung itu terlebih dulu disiarkan surat pengumuman yang ditujukan kepada siapa saja yang mengetahui isi surat itu, yang awam atau yang khas, yang tetap dalam Islam atau yang murtad. Surat itu dimulai dengan ucapan hamdalah dan puji-pujian kepada Allah. Kemudian menyebutkan bahwa risalah Muhammad itu benar datang dari Yang Mahakuasa sebagai berita baik dan peringatan. Kemudian menyebutkan bahwa Rasulullah telah wafat setelah selesai menyampaikan apa yang diperintahkan Allah kepada umat manusia, dan Allah sudah menjelaskan itu kepada umat Islam dengan firman-Nya:
"Sungguh, engkau akan mati, dan mereka pun akan mati." 
(Qur'an, 39. 30).

"Kami tidak menjadikan manusia sebelummu hidup kekal; kalaupun kau mati, adakah mereka akan hidup kekal?" 
(Qur'an, 21. 34).

"Muhammad hanyalah seorang rasul; sebelumnya pun telah berlalu rasul-rasul. Apabila dia mati atau terbunuh, kamu akan berbalik belakang (menjadi murtad)? Barang siapa berbalik belakang, samasekali takkan mertigikan Allah tetapi Allah akan memberi pahala kepada orang-orang yang bersyukur. " 
(Qur'an, 3. 144).

Di sadur dari buku : Abu Bakar
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Umar Bin Khattab - All Rights Reserved