Kepemimpinannya Adalah Penaklukan, Hijrahnya Adalah Kemenangan, Keteladanannya Adalah Rahmat, Download Gratis Film Umar Bin Khattab 30 Episode di sini http://omar.collectionfree.com

Puasa dapat Mencegah Kerusakan Saraf

0 comments

Banyak sekali manfaat puasa yang sudah di paparkan oleh beberapa dokter baik itu dari dokter luar negeri maupun dokter dari dalam negeri. 

Salah satu dari manfaat puasa adalah dapat mencegah kerusakan saraf, hal ini di karenakan pada saat puasa kita mengistirahatkan saluran cerna yang ada di dalam tubuh kita, serta mengaktifkan terjadinya proses detoksifikasi. sehingga kondisi tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan saraf.

Kerusakan saraf atau yang biasa di sebut neuropati biasanya di alami oleh 1 dari 4 orang yang berusia 40 tahun ke atas, terutama pada mereka yang menderita penyakit diabetes.

"Biasanya Neuropati di tandai dengan gejala seperti kram dan kesemutan," kata dr Manfaluthy Hakim,Sp.S(K), yang merupakan Ketua Kelompk studi Neurofisiologi dan saraf Tepi Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia, dalam acara yang diadakan oleh Merck Indonesia di jakarta (16/7/13).

Biasanya Gejala Neuropati di rasakan oleh bagian tubuh tertentu seperti rasa baal, Nyeri, Pegal-pegal, terutama di bagian kaki, rasa terbakar, rambut rontok dan kelemahan tubuh dan anggota gerak.

Pada saat seorang melakukan puasa tubuh akan mendapat kesempatan untk melakukan proses detoksifikasi. selain itu proses pengalihan sumber energi dari glukosa menjadi penggunaan lemak juga sangat membantu sekali dalam pencegahan kerusakan saraf.

dr Manfaluthy Hakim juga mengatakan bahwa "Hasil metabolisme glukos memiliki efek yang tidak baik untuk saraf dan oto. Sehingga pada saat berpuasa, asupan makanan berkurang dan membuat sumber energi banyak di ambil dari cadangan lemak. Sisa metabolisme lemak tidak seburuk glukosa".

Jika terjadi kerusakan saraf akan membutuhkan proses perbaikan bertahun-tahun lamanya karena sel saraf tidak mudah beregenerasi.Neuropati dapat di cegah dengan pola makan yang baik. Asupan makanan yang banyak mengandung vitamin B sangat bagus untuk membantu kesehatan saraf.

Vitamin B ini bisa di dapatkan dari makanan seperti beras yang masih mengandung kulit ari, daging, buah-buahan, serta sayuran. akan tetapi jika pola makan anda buruk sangat di sarankan untuk mengonsumsi vitamin neurotropik.

sumber : kompas
Share this article :

Post a Comment

 
TEMPLATE ASWAJA| Umar Bin Khattab - All Rights Reserved